PALANGKA RAYA, BorneoDaily.co.id – Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran, melantik sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pejabat Fungsional di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021, Selasa (30/11/2021).
Khusus para pejabat eselon II yang dilantik umumnya mengalami pergeseran dari posisi semula, sementara sejumlah jabatan Kepala Dinas/Badan yang belum dilakukan lelang jabatan dijabat Pelaksana Tugas (PlT) Kepala Dinas. Umumnya PlT dirangkap oleh Pejabat eselon II, Kepala Bidang (Kabid) dan Sekretaris (Eselon III).
Gubernur Sugianto usai pelantikan mengingatkan kepada para pejabat yang baru dilantik harus mampu menunjukkan kinerjanya selama 3 bulan ke depan.
“Jika tidak ada perubahan sesuai yang diharapkan, saya akan ganti dengan pejabat yang lebih mampu bekerja keras sesuai fanta integritas yang baru saja dibacakan dalam pelantikan sumpah jabatan,”’ tegas Gubernur H.Sugianto Sabran.
Ditambahkan Gubernur Sugianto Sabran, pergantian posisi jabatan merupakan hal yang biasa dalam sistem pemerintahan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara sebagai abdi negara dan masyarakat. Yang terpenting menurut Gubernur, bagi pejabat yang baru saja dilantik harus bekerja keras dan penuh semangat untuk memacu pembangunan di wilayah Kalimantan Tengah. Misalnya bagaimana mengupayakan penambahan anggaran APBD Kalimantan Tengah yang menyentuh hampir Rp5 Triliun menjadi 8 hingga Rp10 Triliun.
“Semua orang tentu bisa menghabiskan anggaran, maka sesuai fakta integritas yang dibacakan saat pengambilan sumpah jabatan, penjabat yang baru dilantik harus mampu bekerja keras untuk terlibat dalam pembangunan dan melayani masyarakat,” tegas Gubernur.
Dikatakan, Gubernur bersama Wakil Gubernur yang bertugas mengawasi kinerja penjabat tentu akan mengganti penjabat yang tidak mampu menunjukkan hasil kinerja yang baik selama 3 hingga 6 bulan k depan.
Pelantikan Pejabat Pimpinan Pratama, Pejabat Administrator dan Pejabat Fungsional di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah tersebut dihadiri Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, H.Edy Pratowo dan Pj.Sekretariat Daerah, H.Nuryakin.
Pelantikan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kalteng Nomor 188.44/446/2021 Tanggal 30 November 2021 dan Surat Perintah Gubernur Kalimantan Tengah Nomor : 800/782/II.1/BKD tentang Pelaksana Tugas Kepala Badan/ Kepala Dinas/ Kepala Biro di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.
Adapun Pejabat yang baru dilantik diantaranya Erlin Hardi yang menjabat Kepala Bidang Perumahan pada Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Prov.Kalteng, sebagai Plt.Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Prov.Kalteng, Sutoyo,S.STP, Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian Penanaman Modal pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Prov.Kalteng, dilantik sebagai Plt.Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Prov.Kaleng.
Sementara itu Agus Siswadi, S.Pd, M.Pd, Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Prov.Kalteng, dilantik sebagai Plt.Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik Prov.Kalteng, serta Suharno, S.T,M.Si, Kepala Bagian Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa pada Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Prov.Kalteng, dilantik sebagai Plt. Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Prov.Kalteng.
Ini daftar lengkap nama pejabat yang dilantik :
Para Pejabat yang dilantik berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kalteng Nomor 188.44/446/2021 Tanggal 30 November 2021 adalah sebagai berikut :
1. Herson B Aden; Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Pollitik.
2. Suhaemi; Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia.
3. Muhammad Katma F Dirun; Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat.
4. Leonard S Ampung; Asisten Perekonomian dan Pembangunan
5. Hj. Sunarti; Kepala Dinas Ketahanan Pangan merangkap Kepala Dinas TPHP.
6. Hamka, Kepala Dinas Lingkungan Hidup.
7. H. Kaspinoor; Kepala Bappedalitbang.
8. Lisda Arriyana;Kepala Badan kepegawaian Daerah merangkap Plt. Karo Umum.
9. Falery Tuwan; Kepala Pelaksanan Badan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran.
10. Saring; Inspektur merangkap Plt. Karo Hukum.
11. Ermal Subhan; JFT Inspektur Tambang Ahli Madya pada Dinas ESDM.
12. Rivianus Syahril Tarigan; JFT. Pengawas Ketenagakerjaan Ahli Madya pada Dinas Nakertrans.
13. Yuren S. Bahat; JFT. Perencana Ahli Madya pada Bappedalitbang .
14. Guntur Talajan, JFT. Pustakawan Ahli Madya pada Dinas Perpustakaan dan Arsip.
15. Ida Suharti Ningsih; JFT Widyaiswara Ahli Madya pada BPSDM.
16. Brian Indrawan; JFT Analis Kebijakan Ahli Muda pada Sekretariat DPRD.
17. Rihana; JFT Penyuluh Pertanian Ahli Muda pada Dinas TPHP.
18. Anang Dirjo, Sekretaris pada Badan Pendapatan Daerah merangkap Plt. Kepala Badan.
19. Erlin Hardi; Kepala Bidang pada Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, merangkap Plt. Kadis.
20. Adiah Chandra Sari; Kepala Bidang Kesenian, Tradisi dan warisan Budaya pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, merangkap Plt. Kepala Dinas.
21. Hj.Mahumudah; Kepala Bidang Distribusi Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan.
22. Noor Halim; Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial pada Dinas Sosial, merangkap Plt. Kepala Dinas.
23. Farid Wajdi; Sekretaris pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, merangkap Plt. Kepala Dinas.
24. Abraham Otnil; Kepala Bidang Pelatihan Kerja dan Penempatan Kerja pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.
25. Aryawan; Kepala Bidang Kelembagaan, Perkembangan Desa & Pelayanan Sosial Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, merangkap Plt. Kepala Dinas.
26. Murjani; Kepala Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.
27. Rojikinnor; Kepala Bidang kompetensi Teknis Umum dan Fungsional pada BPSDM.
28. Imakulata; Kepala Bidang Pengembangan kompetensi Manjerial pada BPSDM.
29. H.A. Syaifudi; Kepala Bidang SMK pada Dinas Pendidikan, merangkap Plt. Kepala Dinas.
30. Eka Aprilianty; Sekretaris Dinas Pendidikan.
31. Hana Pertiwi; Kepala UPTD Pelayanan Teknologi, Informasi dan Komunikasi Pendidikan BTKIP pada Dinas Pendidikan.
32. Sutoyo; Kepala Bidang Pengawasan & Pengendalian Penanaman Modal pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan terpadu Satu Pintu, merangkap Plt. Kepala Dinas.
33. Ahmad Fahruka; Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pelayanan Dasar pada Biro kesejahteraan Rakyat, merangkap Plt. Kepala Biro.
34. Ahmad Toyib; Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan.
35. Lilis Suriani; Kepala Bagian Tata Laksana pada Biro organisasi, merangkap Plt. Kepala Biro.
36. Johni Sonder; Kepala Bagian Protokol pada Biro Administrasi Pimpinan, merangkap Plt. Kepala Biro.
37. Sawun; Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga.
38. Iswahono; Kepala Bidang Pemberdayaan pemuda pada Dinas Pemuda dan Olahraga, merangkap Plt. Kepala Dinas.
39. Daldin; Kepala Bidang Aset dan Akutansi Daerah pada Badan Keuangan dan Aset Daerah.
40. Atitis Anggraeni; Kepala Bidang Anggaran Daerah pada Badan Keuangan dan Aset Daerah.
41. Yuyun Wahyudi; Kepala Bagian Tata Usaha Keuangan pada Sekretariat DPRD.
42. Hamdan; Kepala Bagian Persidangan Perundang-undangan dan Kehumasan pada Sekretariat DPRD.
43. Tuty Sulistiowati; Kepala Bidang Persandian pada Diskominfosantik.
44. Bintarno; Kepala Bagian Bantuan Hukum pada Biro Hukum.
45. Diwung; Kepala Badan Penghubung Prov. Kalteng di Jakarta. (red)