PALANGKA RAYA, borneodaily.co.id-Dekan Fisipol UMPR Dr HM Yusuf SSos MAP melalui Kepala Prodi Magister Administrasi Publik Novianto Eko Wibowo MAP, belum lama ini, mengatakan, ke depan UMPR akan bekerja sama dengan lembaga pengawasan pelayanan Publik yakni Ombudsman RI perwakilan Kalteng.
Novi menyebut, kerja sama ini penting mengingat dalam pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik saat ini masih rendah, sebab lebih banyak temuan daripada aduan, artinya lebih banyak namanya kesalahan dan kekurangan dalam penyelenggaraan pemerintahan.
Dengan alasan itulah, UMPR ingin melibatkan mahasiswa, agar mahasiswa lebih memahami bagaimana pengawasan publik tersebut implementasinya di lapangan.
Kemudian juga sedikit banyaknya dapat meningkatkan motivasi dan juga pemahaman serta kesadaran mahasiswa yang merupakan bagian dari agen kontrol penyelenggaraan publik itu sendiri, sehingga proses pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik lebih maksimal.
Menurut Novi, pengawasan pelayanan publik ini bukan hanya diserahkan kepada lembaga pengawasan saja atau pemerintah daerah, tapi juga dari masyarakat melalui mahasiswa yang jumlahnya mungkin banyak sekali ratusan bahkan ribuan.
“Kita mengharapkan bahwa prosedur pelayanan publik semakin ke depan menjadi lebih baik. Apalagi ada inovasi- inovasi dan juga terobosan dari pemerintah daerah ini juga patut kita apresiasi”.
Kemudian apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Palangkaraya dengan mall pelayanan publik ini kan luar biasa, namun juga perlu juga diperkuat bahwa sesuatu yang sudah baik ini Apabila juga ikut diawasi bersama-sama, maka kemungkinan akan menghasilkan sesuatu yang lebih baik lagi.
“Output dari program ini nanti ke depannya bisa memang benar-benar memperbaiki kualitas pelayanan penyelenggaraan pelayanan publik di Kota Palangkaraya, dan Kalimantan Tengah umumnya,” pungkas Novi. ***