SAMPIT, Borneodaily.co.id – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Kelompok 27 Gelombang 13 melaksanakan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di Desa Bagendang Hilir, Kecamatan Bagendang Kabupaten Kotawaringin Timur, baru-baru ini.
Ketua Kelompok PMM UMM Kelopok 27 Periode 13, Aulia Mirza Aziza mengatakan, salah satu tema yang diangkat “Penerapan Teknik Pemasaran di Media Sosial Kepada UMKM Desa Bagendang”.
“Program ini dipilih sebagai bentuk upaya meningkatkan nilai jual dari produk Opak dan juga Produk dari Bumdes Desa Bagendang Hilir sendiri,” kata Aulia, Minggu (3/1/2021).
Hal ini bertujuan agar para pelaku UMKM memiliki pemasaran yang luas serta dapat meningkatkan nilai jual dari produk tersebut melalui teknik marketing online.
Dijelaskannya, program ini dilaksanakan kepada para pelaku UMKM Opak dan juga Bumdes Desa Bagendang dengan metode door to door sebagai bentuk inovatif kelompok untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.
“Program ini dilakukan melalui media E-commers tentang digital marketing seperti Shoppe atau Tokopedia yang memudahkan konsumen dalam menjangkau pasar online terkait produk dari Desa Bagendang,” ujarnya.
Sementara itu Ketua Bumdes Desa Bagendang Hilir, Agus Sarifudin mengatakan, dengan adanya sharing terkait materi digital marketing pengelola Bumdes berharap agar para pelaku UMKM dapat menerapkan ilmunya terkait digital marketing.
“Hal ini supaya kita bisa bersaing di dalam dunia pemasaran online, selain itu sumber daya manusia yang ada di Desa Bagendang Hilir akan lebih termotivasi dalam memulai maupun melanjutkan bisnis yang sudah ada,” harap Agus. (hs)