KUALA PEMBUANG, BorneoDaily.co.id – Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik di Polres Seruyan, tim dari Ombudsman RI Perwakilan Kalteng meninjau secara langsung pelayann publik yang ada di Polres Seruyan, Selasa (15/06/2021).
Tim dari Ombudsman tersebut melakukan monitoring pelayanan publik dan pengambilan data pemerintah daerah dalam rangka pelaksanaan survey kepatuhan pemerintah daerah terhadap pelaksanaan Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik tahun 2021 di Kabupaten Seruyan. Rombongan dari Ombudsman RI perwakilan Kalteng ini diterima Wakapolres Seruyan Kompol Yudha Setiawan, S. H.,S.I.K.
Tim Ombudsman RI perwakilan Provinsi Kalteng langsung mengunjungi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Seruyan. Saat penerimaan Tim Ombudsman tersebut Waka Polres Seruyan didampingi Kasat Lantas, Kasat Intel, Kabag perencanaan Polres Tabanan, Kasi Pengawasan dan Kasi Propam Polres Seruyan.
Sasaran monitoring dari Ombudsman tersebut meliputi bidang pelayanan SIM, Kode Etik Pelayanan SIM, Indek Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan SIM, Mekanisme prosedur penerbitan SIM, Maklumat pelayanan SIM. Selain itu, juga meninjau pojok informasi pelayanan masyarakat sprint pemandu pelayanan, visi misi, motto dan janji pelayanan SIM, standar pelayanan SIM, syarat permohonan SIM, biaya PNBP SIM, nomor antrean Informasi pelayanan SIM melalui website Polres Tabanan dan website Lantas, piagam penghargaan. Tim Ombudsman juga melihat secara langsung profil pelaksana pelayanan Satpas, mekanisme pengaduan, standar waktu penerbitan SIM, pemeriksaan toilet, ruang menyusui dan tempat permainan anak.
Untuk pelayanan SPKT, meliputi Indek Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan SIM Sprint penugasan pelayanan surat tanda penerimaan laporan Polisi maupun kehilangan, standar dan pelaporan serta alur pelaporan visi misi pelayanan SPKT.
Pada pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) tim mengecek standar pelayanan SKCK, maklumat pelayanan SKCK, SOP pelayanan SKCK, Indek Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan SKCK, visi misi pelayanan SKCK dan Biaya PNBP SKCK. Pada pelayanan Pengaduan Masyarakat (DUMAS) yang dilihat berupa alur pengaduan, prosedur dan tata cara penyampaian pengaduan pelaporan masyarakat Presisi, maklumat pelayanan pengaduan masyarakat, SOP pelayanan pengaduan masyarakat dan sprint petugas pelayanan pengaduan masyarakat.
“Kami berterima kasih kepada Tim Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalteng yang telah melakukan monitoring terhadap pelayanan publik di Polres Seruyan serta segala petunjuk dan arahan untuk pelayanan Polres yang lebih baik akan ditindaklanjuti untuk pembenahan kearah lebih baik,” ungkap Wakapolres. (TN)